Pesona Gunung Bromo

PESONA GUNUNG BROMO


Gunung Bromo yang Mempesona (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu) atau dalam bahasa Tengger dieja "Brama", adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. Gunung Bromo yang mempesona terkenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.
Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.
Pesona Gunung Bromo

Pesona Bromo Yang indah di Pagi Hari Menjadikan Daya Tarik Tersendiri Bagi Wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara, sehingga Gunung bromo ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi musim-musim tertentu yang ramai di kunjungi wisatawan, seperti perayaan Kasodo yang banyak pengunjung ingin menyaksikan upacara tersebut dari dekat. Belum lagi di musim libur Sekolah juga ramai dengan pengunjung dari wisatawan lokal menikmati indahnya bromo di pagi hari.
Keistimewaan Momen Sunrise di Bukit Penanjakan

Menikmati momen matahari terbit merupakan sesuatu keindahan tersendiri. Setiap tempat wisata pasti memiliki spot strategis untuk menikmatinya. Untuk Itu disinilah tempat istimewa dari wisata alam Gunung Bromo. Apabila Anda mendaki sampai di puncak gunung penanjakan, akan terhampar lautan pasir yang sangat indah saat matahari muncul pertama kalinya di pagi hari, serta tiga deretan gunung Semeru, Batok, dan Bromo.
Gunung Bromo

Lho? Bukannya kita menikmati matahari terbit di wisata alam gunung Bromo? Yang sebenarnya dimaksud adalah pemandangan sunrise bromo yang kita lihat dari View penanjakan. Karena dari lokasi tersebutlah kita bisa menikmati Pesona  gunung Bromo di pagi hari. “The Famous Sunrise” Yang Menjadi Incaran Para Wisatawan baik Manca ataupun lokal.

Tak pelak lagi kalau momen indah tersebut dijuluki sebagai “The Famous Sunrise” oleh kebanyakan media asing. Karena sangat terkenal dan menjadi incaran para wisatawan dari berbagai negara. Jadi, bagaimana Anda bisa menikmati momen tersebut dan kapan waktu yang tepat? Untuk mendaki gunung dengan berjalan kaki tentu saja tidak mungkin. Di lokasi sekitar penginapan, sudah tersedia banyak jeep yang siap disewa untuk mengantarkan para wisatawan. Nah, berangkatnya sekitar jam 3 pagi, jadi Anda harus sudah siap sebelumnya di tempat penginapan.

Ketika Anda berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Anda tidak hanya bisa mendaki Gunung Semeru, tetapi juga menikmati pemandangan Padang Savana di Gunung Bromo dan lautan pasir berbisik. Dengan mengunjungi Padang Savana ini, Anda akan mendapati suasana seperti di perbukitan Teletubbies.

Ada Apa Dengan Padang Savana di Gunung Bromo?
Padang Savana ini memang tidak bisa dilewatkan apabila berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bagaimana tidak? Setelah memandangi pasir dan batuan terjal di wisata alam Gunung Bromo, akan mendapati pemandangan hamparan padang rumput dengan hiasan tanaman pakis dan aneka bunga-bunga cantik serta bukit-bukit hijau yang kontras di Padang Savana Bromo.
Selain bukit-bukit kecil yang menyerupai bukit di serial film anak Teletubbies, ada juga satu bukit besar yang menjulang menyerupai replika gunung di padang savana yang juga dikenal oleh masyarakat Tengger sebagai Lembah Jemplang ini. Untuk mendapat view terbaik, sebaiknya Anda mengunjunginya pada musim panas atau kemarau. Pastikan pula Anda mengunjunginya sebelum sunrise karena pemandangan matahari terbit inilah yang menjadi panorama paling indah yang dapat Anda saksikan.

SolidTRans sebagai penyedia Jasa Tour Wisata Mengunjungi Lokasi Wisata Alam Gunung Bromo
Seiring dengan meningkatnya popularitas Bromo, sebagai jasa tour and travel di malang Solidtrans Melayani jasa tour wisata Bromo yang menyertakan kunjungan ke sana dalam paketnya. Dalam hal ini, fasilitas akomodasi paket tour wisata Bromo biasanya sudah meliputi penjemputan baik dari Surabaya atau Malang, kemudian perjalanan ke Gunung Bromo dan Pasir Berbisik serta akomodasi ke Padang Savana Bromo, Kawah, pasir berbisik, Pura, bukit kingkong dan Bukit Cinta, ketika sunrise yang semuanya menggunakan mobil jeep.

Namun, bagi Anda yang cinta petualangan pasti ingin merasakan sensasi menjelajahinya secara lebih fleksibel. Caranya bisa dengan menyewa mobil jeep untuk mencapai kawasan Taman Nasional Bromo melalui Cemoro Lawang, Nongko jajar wonokitri, Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Mobil Jeep menjadi pilihan tepat untuk menuju ke kawasan ini karena medan lokasinya yang cukup sulit sehingga tidak bisa dirambah oleh sembarang kendaraan. Setelah sampai di wilayah Gunung Bromo, tepatnya setelah di hamparan pasir berbisik, Anda perlu melanjutkan perjalanan melalui turunan terjal untuk mencapai Padang Savana Bromo ini.

Bagi Anda yang suka tantangan, tidak menutup kemungkinan pula untuk menaklukan turunan terjal menuju Lembah Jemplang ini menggunakan sepeda motor, meskipun tentu saja hanya bisa dengan kecepatan yang rendah.
Jangan lupa untuk memasukkan Padang Savana Bromo sebagai salah satu destinasi kunjungan Anda ketika berwisata ke Malang dan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bekali diri Anda dengan baju tertutup dan sunblock/sunscreen untuk menghindari kulit terbakar, air minum yang cukup agar tidak dehidrasi, serta kamera untuk mengabadikan pemandangan berlatar bukit dan hamparan padang rumput cantik.

Kebudayaan Warga Suku Tengger di Daerah Gunung Bromo
Nah, para wisatawan yang beruntung juga berkesempatan menyaksikan langsung upacara Kasada di Pura. Upacara ini adalah prosesi persembahan dengan cara melemparkan sesaji ke kawah bromo. Nah, sesaji tersebut akan siap ditangkap oleh para warga Suku Tengger di bagian bawah. Acara ini hanya diselenggarakan setahun sekali dan untuk mencapainya Anda harus berjalan kaki sekitar 400 meter. Takut capek? Jangan khawatir, ada jasa penyewaan kuda yang bisa Anda andalkan. Jarang-jarang kan menunggang kuda di kawasan pegunungan? Tarifnya bisa ditawar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah. Tak perlu ragu karena sudah ada pemandu yang bersiap mendampingi Anda kalau masih takut-takut naik kuda.
Sebelum melakukan perjalanan ke sana, Anda harus menyiapkan jaket, penutup kepala, kaos kaki, dan sarung tangan yang tebal. Karena hawanya sangat dingin dan berdebu pasir. Seandainya tidak sempat mempersiapkannya, di sana sudah banyak orang yang menjual perlengkapan tersebut. Bagaimana? Sudahkah Anda merencanakan perjalanan ke sana? Ingatlah untuk mencantumkan satu rencana baru menikmati sunrise di bukit penanjakan (gunung bromo).
Transportasi Menuju Gunung Bromo
Apabila anda membutuhkan layanan transportasi rental mobil menuju gunung bromo maka kami siap Solidtrans Tour And Travel Siap menemani perjalanan wisata bromo anda. Kami perusahaan rental mobil di malang menyediakan Paket Tour Bromo berangkat dari malang menuju menuju ke lokasi transit jeep, yaitu daerah Tosari/Wonokitri di Pasuruan, Cemoro Lawang Desa Sukapura Probolinggo, atau daerah Tumpang Malang.
Beberapa armada rental yang bisa Anda pilih, yaitu mobil grand new avanza, all new xenia, new innova, elf short 14 seat, elf long 17 seat dan toyota hiace. Untuk informasi harga rental mobil malang ke bromo dan nomor kontak telepon yang bisa dihubungi untuk booking rental mobil malang silahkan cek website ini Rental Mobil Malang Bromo.

BookIng Via WA Klik Disini atau Call (085755590911 / 085219162191)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paket Tour Bromo Jemput Dari Malang

ke bromo dari malang bersama Solidtrans

Paket Wisata Bromo